MANFAAT BERENANG



BERENANG BANYAK MANFAAT?


Renang ya? Renang merupakan olahraga yang menyenangkan untuk kesehatan atau kebugaran tubuh. Manfaat renang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan yakni menambah tinggi badan, untuk kesehatan jantung, menjaga berat badan,  dan sebagainya. Renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola, basket, ataupun bulutangkis. Jadi, kalau sobat kesulitan mencari rekan untuk berolahraga, maka berenanglah. Renang juga merupakan olahraga universal yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Bagaimana jika renang diterapkan pada anak yang masih bayi?


Mengajak anak bayi untuk berenang sejak dini memiliki pengaruh yang sangat baik dari segi pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Ini dia manfaatnya:
  1. Mempunyai perkembangan motorik yang sangat baik dibandingkan dengan yang tidak berenang. Karena saat diajarkan berenang, anak akan menggerakkan semua anggota tubuhnya. Gerakan-gerakan inilah yang akan mempercepat perkembangan kemampuan motoriknya.
  2. Mengembangkan kemampuan kognitif anak. Pada saat berenang, anak di berikan intruksi oleh orang tua sehingga mendorong anak untuk belajar, berpikir, dan memecahkan masalah, serta terbiasa mengikuti arahan dari orang tuanya.
  3. Anak akan mudah untuk beradaptasi dan bersosialisasi di lingkungan. Karena ketika sobat mengajaknya berenang tentu dia dapat bertemu dengan banyak anak disekitarnya.
  4. Kebiasaan berenang juga dapat berpengaruh baik terhadap pola nafsu makan dan pola tidur.
  5. Kemampuan berbicaranya akan lebih cepat berkembang. Karena sering mendengarkan orang tua berbicara saat mengajarkan anak berenang.

        Ada hal-hal penting nih yang harus di perhatikan agar manfaat renang untuk bayi bisa didapatkan tanpa efek samping.
  1. Sebelum dan sesudah berenang, mandikan anak supaya kadar kaporit yang terdapat di dalam kolam renang tidak menyebabkan iritasi dan alergi.
  2. Lakukan pemanasan tentunya agar tidak menyebabkan kram pada anggota tubuh.
  3. Sebagai pelindung kulit, gunakan tabir surya sebelum berenang. Kemudian, pastikan anak tidak menelan air di kolam renang agar anak tidak sakit.
  4. Cuci tangan sebelum menyentuh makanan untuk menghindari bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.
  5. Tentunya hindari agar anak tidak sampai terlalu kelelahan selama berenang.



Ya, berenang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Lalu, bagaimana dengan remaja sampai orang tua? Kalau remaja, jelas menjadi tinggi merupakan idaman atau incaran bagi para remaja, maka dari itu renang bisa menjadi alternatif bagi semua orang. Berikut manfaat dari berenang:
  1. Melatih Pernafasan, bagi yang punya penyakit asma sangat di anjurkan karena sistem cardiovaskuler dan pernafasan dapat menjadi kuat, pernafasan jadi lebih sehat dan panjang.
  2. Menghilangkan Stress, secara psikologis renang dapat membuat hati tenang dan pikiran lebih santai karena pada saat berenang kita pasti banyak melakukan gerakkan sehingga akibatnya dapat meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang dapat membuat hati tenang, santai, bahagia, dll.
  3. Membakar Kalori, pada saat berenang seluruh tubuh kita akan bergerak, otomatis energi yang dibutuhkan pun sangat tinggi sehingga dapat membakar banyak kalori.
  4. Membentuk Otot, pada saat berenang seluruh tubuh akan bergerak, tentu gerakkan tubuh inilah yang akan memberikan tekanan pada otot kita sehingga jika kita rutin berenang maka otot kita akan kuat dan terbentuk lebih indah.
  5. Memperbaiki sikap badan yang membungkuk akan menjadi lebih tegap.
  6. Menambah tinggi badan.
  7. Meningkatkan kemampuan dari fungsi pernafasan (paru-paru) dan juga fungsi jantung. Gerakan mendorong dan menendang air menggunakan anggota tubuh, khususnya kaki dan tangan mampu memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru karena dilatih secara rutin dalam berenang itu sendiri.

Manfaat lain dari berenang yaitu, mengenai kesehatan kulit sobat; membersihkan membuka pori-pori pernafasan kulit, melembabkan, menyediakan bahan-bahan kimia dan nutrisi, memungkinkan aliran darah menjadi optimal dan meningkatkan difusi udara pada semua organ-organ sehingga mengeluarkan racun yang tidak diinginkan dalam tubuh yang bersahabat.


Sekilan, info yang saya tahu. Bila ingin menambahkan silahkan, karena berbagi itu lebih baik.



Terima Kasih,

1 komentar:

  1. Besok kuliah libur.... Kita berenang rame-rame yuks minggu pagi di Citra.... Ajak agus dkk :D

    BalasHapus